Thursday, February 2, 2012

apa itu BIOSFER ?


1.       Pengertian
Biosfer adalah lapisan tempat kehidupan makhluk hidup dan organisme.

2.      Faktor yang memepengaruhi kehidupan
a.      Kondisi iklim:
·         Suhu à Suhu disuatu tempat berbeda-beda, itu semua disebabkan oleh : letak lintang suatu wilayah, ketinggian suatu wilayah, sudut datang sinar matahari,vegetasi yang ada, jenis permukaan daratan, jarak daratan dengan lautan,kondisi awan dan angin yang bertiup.
·         Kelembaban udara à banyaknya air yang terkandung dalam setiap satuan volume udara. Itu disebabkan oleh : kondisi flora, wilayah perairan daratan dan jarak dengan laut.
·         Angin à udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke tekanan yang rendah.
·         Curah hujan à curah hujan sangat dipengaruhi oleh keadaan perairan yang tersedia dalam suatu wilayah. Jika suatu wilayah berdekatan dengan laut biasanya curah hujannya pun tinggi dan sebaliknya.
·         Sinar matahari à peran sinar matahari sangat berpengaruh terhadap makhluk  hidup disekitarnya, misalnya tumbuhan menggunakan sinar matahari untuk fotosintesis.

b.      Konsisi tanah:
·         Tekstur tanah à perbandingan relatif berbagai partikel tanah dalam suatu masa tanah terutama perbandingan antara pasir, debu dan tanah liat. Tanah yang halus rata-rata mempunyai pori-pori yang kecil sehingga daya serapnya pun sedikit dan sebaliknya.
·         Struktur tanah à susunan butiran-butiran tanah yang membentuk agregat tanah dalam berbagai bentuk dan ukuran.
·         Keasaman tanah à jika tingkat keasaman tanah berkurang maka kemampuan air dalam menahan mineral untuk diubah menjadi hara akan relatif kecil.
·         Kondisi permukaan bumi / relief à suatu tempat yang tinggi akan memiliki suhu udara yang semakin rendah.
·         Kondisi kehidupan à manusia sangat mepengaruhi dalam kehidupan selain hewan.

3.       Persebaran flora dan fauna di bumi
a.      Flora di bumi
a)      Hutan hujan tropis à hujan sepanjang tahun, vegetasi berupa pohon-pohon besardan tinggi. Persebarannya : Indonesia, Brazil, India, Malaysia, Afrika Barat dan timur, Malagasi, Kolumbia.
b)      Hutan musim à dipengaruhi musim penghujan dan kemarau, vegetasinya mengugurkan daun pada musim kemarauuntuk mengurangi penguapan. Persebarannya : Indonesia, Australia Utara, Amerika tengah dan selatan.
c)      Sabana Tropika à sabana : padang rumput yang diselingi pohon-pohon. Ditumbuhi pohon-pohon kecil dan semak-semak yang tidak rata. Persebarannya : Amerika tengah dan selatan, Sudan, malagasi tengah, nusa tenggara.
d)      Vegetasi gurun à curah hujan kurang dari 250 mm/tahun, intensitas matahari sangat tinggi, tumbuhan akarnya panjang dan menjalar, daun kecil dank keras dan memiliki zat lilin, pohonan berduri.
e)      Hutan Taiga à didominasi oleh poho pinus dan conifer yang dapat hidup dicuaca dingin yang ekstrim. Penyebarannya : bumi bagian utara, Eropa-Asia, Amerika Utara.
f)       Hutan tundra à jenis tumbuhannya adalah lumut. Peryabaran : kutab utara, samudra arktik.
g)      Padang rumput / praire, steppe, pampas, veldt à curah hujan tidak teratur, didominasi oleh rumput-rumputan.
b.      Fauna di bumi
a)      Oriental à kawasan : Asia selatan dan tenggara. Contoh : beruang, banteng, gajah, badak, harimau, orang utan, merak.
b)      Paleartik à kawasan : eropa, asia barat daya , tengah dan utara. Contoh : rusa, kijang, sapi, kambing, robin.
c)      Neotropik à kawasan : Amerika utara. Contoh : kukang, tapir, trenggiling.
d)      Neartik à kawasan : amerika utara. Contoh : bison, pelikan.
e)      Australia à kawasan : Australia. Contoh : kangguru, cendrawasih, platyphus.
f)       Ethiopia à kawasan : afrika. Contoh : jerapah, gorilla, gajah afrika, zebra.




4.      Flora dan Fauna di Indonesia
Secara garis besar flora dan fauna di Indonesia dibagi menjadi 3 yaitu :
a.      Flora dan Fauna Asiatis / Leurasia
Berada di kawasan Paparan Sunda ; Sumatra, Kalimantan, jawa, dan bali. Flora dan fauna asiatis dibatasi oleh garis Wallace yang memanjang dari selat Lombok dan Selat Makasar. Jenis flora : rotan, jati, beringin, durian, pinus, dan bunga bangkai. Jenis fauna : macan tutul, harimau Sumatra, gajah, buaya, ular kobra, kadal, trenggiling,elang, jalak, merak, kutilang, kepodang.
b.      Flora dan Fauna Peralihan/ Wallace
Berada di antara garis Wallace barat dan Wallace timur ; Sulawesi, nusa tenggara, Maluku. Jenis flora : kayu hitam, kayu cendana, putih, kemiri, anggrek hitam, anggrek macan tutul, anggrek putih. Jenis fauna : anoa, babi rusa, monyet hitam dan seba, beruang, biawak, komodo, kura-kura, buaya, katak pohon, terbang dan katak air, maleo, raja udang, kakaktua,rangkong.
c.       Flora dan Fauna Austarlis / Gondwana
Terletak dipaparan sahul ; irian jaya dan sekitarnya,dibatasi oleh garis Weber melalui laut timor, seram dan laut Halmahera. Jenis flora : Araucaria dan Nothofogus. Jenis fauna : kanguru, wallaby, kus-kus, biawak, kadal,kasuari,cendrawasih, nuri, kakaktua raja, arwana merah.

No comments:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))